Situs Megalitik di Desa Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah

  • Rosita Amalia Universitas Jember
  • Kayan Swastika Universitas Jember
  • M Marjono Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan situs Penanggungan untuk sumber pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kesejarahan. Hasil dari penelitian ini menujukan adanya relevansi antara situs Penanggungan dengan Kurikulum 2013. Pemanfaatan situs sebagai sumber pembelajaran sejarah bisa dilakukan dengan cara menampilkan benda megalit yang ada di situs Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso di dalam kelas. Hal tersebut dilakukan dengan menjadikan benda-benda peninggalan purbakala menjadi media gambar berupa media papan flanel.Tentunya media tersebut sangat berguna untuk membuat peserta didik lebih menganalisis materi yang diajarkan bukan hanya mendengarkan dari penjelasan guru namun juga dapat mengetahui berdasarkan gambar yang ditampilkan oleh guru sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Cara lain adalah dengan melakukan karya wisata di situs Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, karya wisata ini dilakukan oleh guru dengan membawa peserta didik langsung kedalam lingkungan situs Penanggungan. Metode karya wisata ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh guru dalam membelajarkan pembelajaran sejarah. Karya wisata ini lebih memfokuskan untuk menyajikan sumber belajar dengan membawa peserta didik kepada subjek yang akan dipelajari diluar kelas. Metode ini membuat pembelajaran lebih inovatif dan kreatif.


 


Kata Kunci: Situs Megalitik, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah.


 

Published
2017-12-04
How to Cite
AMALIA, Rosita; SWASTIKA, Kayan; MARJONO, M. Situs Megalitik di Desa Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 45-51, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5971>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5971.
Section
Articles