Peranan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Sri Surachmi Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) dapat tidaknya layanan bimbingan kelompok meningkatkan ketaatan peserta didik terhadap tata tertib sekolah, dan (2) peningkatkan disiplin peserta didik terhadap tata tertib sekolah. Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas IX  SMP 1 Rogojampi, Banyuwangi,Semester 1, Tahun Pelajaran 2015/2016. yang  melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah pada bidang pakaian seragam, kehadiran di sekolah, dan  pembayaran Sumbangan Komite Sekolah. Dalam penelitian ini, siswa menjadi sumber utama dalam perolehan data berkaitan dengan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah pada bidang pakaian seragam, kehadiran di sekolah, dan  pembayaran Sumbangan Komite Sekolah pada siswa kelas IX SMP 1 Rogojampi. Alasan mengapa penelitian ini dilaksana-kan di kelas IX atau dijadikan subjek penelitian karena adanya permasalahan-permasalahan diantaranya: pelanggaran terhadap tata tertib sekolah pada bidang pakaian seragam, kehadiran di sekolah, dan  pembayaran Sumbangan Komite Sekolah masih cukup tinggi. Rancangan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) ini diambil menurut Kemmis dan McTaggrat yang memberikan batasan pelaksanaan, yakni : (1).Tahap Perencanaan, (2).Tahap Tindakan, (3).Tahap Observasi/ Evaluasi, (4).Tahap Terakhir adalah Refleksi. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data di atas adalah : Analisis Varians (Anava). Berdasarkan hasil perhitungan nilai F dan uji t Scheffe menunjukkan signifikan, yang berarti Ho ditolak, maka dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Layanan Bimbingan kelompok dapat meningkatkan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah, dan (2) Layanan Bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin siswa. pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rogojampi, Banyuwangi,Semester 1, Tahun Pelajaran 2015/2016. Kepada Wali Kelas, guru mata pelajaran, guru pembimbing dan staf sekolah lainnya apabila menemukan siswa yang melakukan pelanggaran terhadap tata tertib sekolah hendaknya sedini mungkin menanganinya dengan cara memberikan layanan bimbingan kelompok karena bimbingan kelompok merupakan salah satu cara yang sudah terbukti dapat meningkatkan ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah.


 


Kata Kunci: Ketaatan terhadap tata tertib sekolah, bimbingan kelompok.


 

Published
2017-12-04
How to Cite
SURACHMI, Sri. Peranan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Ketaatan Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 38-44, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5970>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5970.
Section
Articles