Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP PGRI Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

  • B Buhani Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya implementasi layanan bimbingan kelompok meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII di SMP PGRI Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI Banyuwangi dengan jumlah subyek penelitian 23 siswa yang diambil dari kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) karena dalam penelitian yang dilakukan melibatkan guru pembimbing di dalam kelas. Prosedur penelitian ini dirancang menjadi dua siklus setiap siklusnya terdiri dari : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan evaluasi, 4) refleksi. Secara keseluruhan hasil dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan hasil yang baik dan memuaskan, kedisiplinan siswa mengalami peningkatan yang baik dari 23 orang siswa, semua mendapat skor kedisiplinan 60 keatas dan persentase peningkatannya untuk siklus I rata-rata 18,49%. Sedangkan siklus II rata-rata 19,44%.untuk 8 siswa yang sebelum tindakan mendapat skor kedisiplinan di bawah rata-rata (60), setelah diberi tindakan mengalami peningkatan yang sangat tinggi yaitu 80,52%.


 

Published
2017-12-04
How to Cite
BUHANI, B. Implementasi Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP PGRI Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 31-37, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5969>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5969.
Section
Articles