Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa

  • Randi Pratama Murtikusuma Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember

Abstract

 


Usia anak SMP adalah usia saat masih suka bermain sesuatu sehingga mempengaruhi karakteristik siswa dalam proses belajar mereka. Salah satu metode studi alternatif yang dapat dikembangkan untuk memenuhi permintaan adalah metode role playing. Sasarannya adalah siswa lebih mudah untuk memahami materi pelajaran, merasa seperti dalam proses belajar dan juga mudah mengingat pokok pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Silo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes


 


Kata Kunci: Role Playing, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa


 

Published
2017-08-14
How to Cite
MURTIKUSUMA, Randi Pratama; FATAHILLAH, Arif. Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing Pada Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 27-30, aug. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5206>. Date accessed: 21 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5206.
Section
Articles