Pengembangan LKS Model POE (Prediction, Observation, Explanation) Untuk Pembelajaran Fisika di SMA (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke)

  • Nurul Fatimah Universitas Jember
  • S Sutarto Universitas Jember
  • Alex Harijanto Universitas Jember

Abstract

 


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model POE yang diuji cobakan pada materi elastisitas dan hukum Hooke serta mengukur efektivitas LKS dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan desain pengembangan 4-D yang dimodifikasi berdasarkan tingkat kewenangan dan waktu yang dimiliki peneliti. Hasil validasi LKS dianalisis dengan deskriptif presentase. Uji pengembangan untuk mengetahui efektivitas dilakukan dengan metode action research. Hasil pengembangan LKS berbasis model POE aspek kelayakan isi memperoleh skor 81%, aspek kegrafikaan memperoleh skor 82%, aspek penyajian memperoleh skor 80%, dan aspek kebahasaan memperoleh skor 79% dengan kategori layak. Hasil nilai rata-rata post-test sebesar 77, hasil ini tergolong dalam kategori efektif. Ketuntasan hasil belajar klasikal siswa mencapai 83,3%. Aktivitas belajar klasikal siswa dengan menggunakan LKS model POE sebesar 90,6 dengan kategori sangat aktif. Penggunaan LKS model POE dalam pembelajaran memperoleh tanggapan yang sangat positif dari siswa dengan persentase sebesar 86,7%. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis model POE pada materi elastisitas dan hukum Hooke layak dan efektif diterapkap dalam pembelajaran fisika.


 


Kata Kunci: efektivitas, elastisitas, lembar kerja siswa, model POE


 

Published
2017-08-14
How to Cite
FATIMAH, Nurul; SUTARTO, S; HARIJANTO, Alex. Pengembangan LKS Model POE (Prediction, Observation, Explanation) Untuk Pembelajaran Fisika di SMA (Uji Coba Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke). Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 4-8, aug. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5202>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5202.
Section
Articles