Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Melalui Penerapan Strategi Writing in the Here and Now Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VA SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017

  • Selly Suci Safura Universitas Jember
  • S Suhartiningsih Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN Patrang 01 Jember. Latar belakang diadakannya penelitian ini yaitu terdapat beberapa permasalahan dalam menulis puisi bebas yang membuat keterampilan menulis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar serta meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat setelah menggunakan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VA SDN Patrang 01 Jember yang berjumlah 37 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat pada siswa kelas VA SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2016/ 2017 yaitu: (1) guru lebih banyak memberi contoh pemilihan kata dan majas; dan (2) guru lebih menekankan penjelasan tentang pengertian puisi bebas yang tidak terikat oleh rima, irama, bait, baris, dan suku kata dalam puisi. Terkait dengan penerapan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar, peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat setelah dilakukan penerapan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar pada siswa kelas VA SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2016/ 2017 dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang meningkat. Dapat dilihat pada rata-rata prasiklus sebesar 66 (kategori cukup), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 76 (kategori baik), dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 89 (katagori sangat baik). Dari keterangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi writing in the here and now berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas VA SDN Patrang 01 Jember tahun pelajaran 2016/ 2017.


 


Kata Kunci: keterampilan menulis, strategi writing in the here and now, media gambar, penelitian tindakan kelas


 

Published
2017-07-20
How to Cite
SAFURA, Selly Suci; SUHARTININGSIH, S; YULIATI, Nanik. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Melalui Penerapan Strategi Writing in the Here and Now Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VA SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 43-46, july 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5090>. Date accessed: 21 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5090.
Section
Articles