Implementasi Pendidikan Life Skill di SMK Negeri 1 Bondowoso
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan life skill di SMK Negeri 1 Bondowoso. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Ibu Dra. Yuni Yekti Mumpuni, MM. selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bondowoso. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis Data yang diperoleh mengenai implementasi pendidikan life skill pada dua kecakapan hidup utama yaitu kecakapan generik dan kecakapan spesifik. Pada kecakapan generik terdiri dari kecakapan personal (kecakapan kesadaran diri dan kecakapan berpikir rasional) dan kecakapan sosial. Sedangkan kecakapan spesifik terdiri dari kecakapan akademik dan kecakapan vokasional. Implementasi pendidikan life skill di SMK Negeri 1 Bondowoso telah menerapkan dua kecakapan utama tersebut. Di SMK Negeri 1 Bondowoso implementasi pendidikan life skill telah terintegrasi dalam program-program kurikuler, kurikulum yang ada, atau mata pelajaran yang ada. Implementasi pendidikan life skill tersebut mencakup kegiatan kurikuler, kejuruan, pendidikan lingkungan hidup, dan ekstrakurikuler. Hal ini dikarenakan implementasi pendidikan life skill telah tersusun menjadi satu kurikulum yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Kata kunci: Pendidikan life skill, kecakapan personal, sosial, akademik, dan kecakapan vokasional