Pengembangan Modul Fisika Materi Gelombang Berbasis Kebencanaan Alam di SMA

  • Septian Dwi Anggraini Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Pramudya Aristya Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berdasarkan karakteristik bencana alam yang rawan di daerah Puger Jember yang terintegrasi ke dalam mata pelajaran fisika. Modul ini memberikan acuan pembekalan materi fisika sekaligus wawasan pengetahuan kebencanaan alam untuk memperdayakan siswa terhadap bencana sebagai upaya menciptakan masyarakan yang tanggap dan siap terhadap bencana. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain penelitian 4-D. Penelitian ini dilakukan di SMA Sultan Agung Puger. Hasil dari penelitian adalah ini adalah validasi kajian instruksional yang mendapatkan skor 4,32 dan validasi kajian teknis mendapatkan skor 4,53, sehingga hasil validasi dari produk yang dikembangkan adalah valid. Berdasarkan analisis hasil belajar didapatakan 80% siswa mengalami ketuntasan belajar. Sikap tanggap bencana juga mendapatkan skor rata-rata N-gain sebesar 0,6 yang dikategorikan mengalam peningkatan sedang. Sedangkan respons siswa menunjukkan sangat positif terhadap modul yang dikembangkan. Dapat disimpulkan bahwa modul pengembangan ini valid dan dapat digunakan sebagai bahan pengajaran.


 


Kata Kunci: Bencana alam, modul fisika


 

Published
2017-07-20
How to Cite
ANGGRAINI, Septian Dwi; WAHYUNI, Sri; ARISTYA, Pramudya. Pengembangan Modul Fisika Materi Gelombang Berbasis Kebencanaan Alam di SMA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 20-23, july 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5085>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5085.
Section
Articles