Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah  Dasar-Dasar Pemrograman Komputer

  • Tatik Retno Murniasih Universitas Kanjuruhan
  • Trija Fayeldi Universitas Kanjuruhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrogaman Komputer. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 2015B Universitas Kanjuruhan Malang sebanyak 35 orang. Metode pada penelitian ini adalah tes, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada tindakan I sebesar 71,43% menjadi 85,71% pada tindakan II. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan terjadi peningkatan dari 79,75% pada tindakan I meningkat menjadi 82,75% pada tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah dasar pemrogaman komputer.


 


Kata Kunci : konsep, metode, pemrogaman, dan resitasi


 

Published
2017-07-20
How to Cite
MURNIASIH, Tatik Retno; FAYELDI, Trija. Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah  Dasar-Dasar Pemrograman Komputer. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 8-12, july 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/5083>. Date accessed: 20 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5083.
Section
Articles