Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model NHT Siswa Kelas II SDN Bonangrejo Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian dilaksanakan dari Januari-April 2016. Subyek penelitian adalah siswa Kelas II SD Negeri Bonangrejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 12 laki-laki dan 11 perempuan. Melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) keaktifan belajar matematika daricukup aktif menjadi aktif dan suasana senang menjadi sangat menyenangkan dan peningkatan dan kerjasamanya kurang baik menjadi baik. 2) hasil belajar matematika tentang mengenal sifat pertukaran pada perkalian bagi siswa Kelas II SD Negeri Bonangrejo semester II tahun pelajaran 2015/2016 mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari 5 siswa (22,74%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 22 (95,65%) meningkat 12 (52,17%). Nilai rata-rata dari 55,18 menjadi 84,78 meningkat sebesar 29,60 berarti ada peningkatan secara signifikan hasil belajar siswa. 3) Melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar matematika tentang mengenal sifat pertukaran pada perkalian bagi siswa Kelas II SD Negeri Bonangrejo semester II tahun pelajaran 2015/2016 perubahan perilaku siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal cukup ke siklus I meningkat menjadi cukup baikdan dari cukup baik 70,43% meningkat menjadi 89,56% sangat baik ada kenaikan 19,13%.
Kata Kunci : Aktivitas dan hasil belajar, matematika, model Numbered Heads Together (NHT)