MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN EDUKASI DAN KEPELATIHAN

  • An'nisha Rachmatika Balgis Universitas Jember
  • Fitrio Deviantony Universitas Jember

Abstract

Sistem pembelajaran daring mulai diberlakukan sejak adanya pandemic Covid-19. Kegiatan belajar mengajar yang telah dilaksanakan ini mengharuskan para guru dan siswa untuk tidak bertatap muka dan memanfaatkan digital sebagai media pembelajaran. Namun, sistem pembelajaran daring yang demikian masih banyak menimbulkan permasalahan. Permasalahan yang terjadi seputar ketidakefektifan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara daring ini dilakukan perencanaan intervensi yang dirasa mampu dijadikan solusi yang telah dirancang bersama dengan stakeholder yaitu guru di SDN 1 Kampunganyar. Melalui pelaksanaan KKN BTV III ini akan dilaksanakan intervensi penyelesaian masalah melalui Program Edukasi Pembelajaran Digital serta Kesadaran Pelestarian Lingkungan. Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu meningkatkan budaya literasi di era pandemic sehingga mampu mendukung sistem pembelajaran daring, serta mampu menumbuhkan karakter anak peduli lingkungan sekitarnya melalui implementasi pelatihan. Pelaksanaan program kerja tersebut menggunakan beberapa metode yaitu teknik pendampingan, edukasi, dan kepelatihan.

Kata Kunci:
Pembelajaran Digital, Pembentukan Karakter, Budaya Literasi.

Published
2023-03-31
How to Cite
BALGIS, An'nisha Rachmatika; DEVIANTONY, Fitrio. MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI KEGIATAN EDUKASI DAN KEPELATIHAN. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 60-69, mar. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/43706>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i1.43706.