PERSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 JEMBER TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap praktik pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode survei. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat persepsi peserta didik terhadap materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Hasil analisis menunjukan persepsi siswa persepsi pada materi pembelajaran bahasa Indonesia didominasi oleh persepsi positif. Persepsi peserta didik terhadap metode pembelajaran bahasa Indonesia didominasi oleh persepsi positif. Persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran bahasa Indonesia tidak dapat digolongkang dalam persepsi positif atau negatif. Hal ini dikarenakan dalam praktik pembelajaran bahasa Indonesia jarang menggunakan media pembelajaran.
Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Kurikulum Merdeka Belajar