PERSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 JEMBER TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA

  • Nisa Nur Aini Universitas Jember
  • Arju Mutiah Universitas Jember
  • Ahmad Syukon Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap praktik pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode survei. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat persepsi peserta didik terhadap materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Sumber data penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Jember yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu angket dan wawancara. Hasil analisis menunjukan persepsi siswa persepsi pada materi pembelajaran bahasa Indonesia didominasi oleh persepsi positif. Persepsi peserta didik terhadap metode pembelajaran bahasa Indonesia didominasi oleh persepsi positif. Persepsi peserta didik terhadap media pembelajaran bahasa Indonesia tidak dapat digolongkang dalam persepsi positif atau negatif. Hal ini dikarenakan dalam praktik pembelajaran bahasa Indonesia jarang menggunakan media pembelajaran.

Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Persepsi Siswa, Kurikulum Merdeka Belajar

Published
2023-03-31
How to Cite
AINI, Nisa Nur; MUTIAH, Arju; SYUKON, Ahmad. PERSEPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 JEMBER TERHADAP PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 52-59, mar. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/43704>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i1.43704.