ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT

  • Rossasinensis Yarfa'ul Ma'arifah Universitas Jember
  • S Susanto Universitas Jember
  • Lela Nur Safrida Universitas Jember
  • Toto' Bara Setiawan Universitas Jember
  • Lioni Anka Monalisa Universitas Jember

Abstract

Merujuk pada kurikulum 13 yang menuntut siswa berpikir kritis, soal HOTS menjadi evaluasi tingkat berpikir siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi meliputi kemampuan menganalisis, mengevaluasi, serta mencipta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan masalah segi empat berdasarkan indikator yang telah disiapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, terdapat 12 siswa yang memenuhi indikator analisis yaitu mampu mengidentifikasi informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, kemudian 15 siswa yang memenuhi indikator mengevaluasi dimana siswa mampu memilih solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah, dan 7 siswa yang memenuhi indikator mencipta yaitu mampu menjelaskan langkah penyelesaian dan dapat mengkreasikan ide untuk membuat solusi baru.

Kata Kunci:
HOTS, kemampuan menganalisis, mengevaluasi, mencipta

Published
2023-10-11
How to Cite
MA'ARIFAH, Rossasinensis Yarfa'ul et al. ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGIEMPAT. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 33-43, oct. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/43697>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i1.43697.