STUDI LITERASI DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA PADA LMS KALAM UMI

  • Salmia Syarifuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Abd Majid Universitas Muslim Indonesia
  • Irmawaty Hasyim Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman literasi digital mahasiswa dalam lingkup Fakultas Sastra, Universitas Muslim Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam Penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Sastra. Sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian dipilih dari mahasiswa semester lima (5) Fakultas Sastra yang telah melulusi mata kuliah pembelajaran bahasa, baik itu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan telah intens menggunakan LMS Kalam UMI dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian   menunjukkan pengetahuan literasi digital mahasiswa Tingkat literasi digital mahasiswa pada proses pembelajaran Bahasa berbasis karakter paada LMS Kalam UMI berapa pada kategori sedang rendah dengan 57atau sebanyak 54, 808 %. Hal ini menunjukkan bahwa mahasswa memiliki preverensi Functioning Prosuming yang bermakna mahasiswa cakap dalam mengakses, memahami cara penggunaan, seleksi kebutuhan, distribusi dan produksi dalam penggunaan media digital.

Kata Kunci:
literasi digital, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa, LMS Kalam UMI    .

Published
2023-03-31
How to Cite
SYARIFUDDIN, Salmia; MAJID, Abd; HASYIM, Irmawaty. STUDI LITERASI DIGITAL MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA PADA LMS KALAM UMI. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 19-32, mar. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/43696>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i1.43696.