PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS SMART APPS CREATOR 3 MATERI PECAHAN KELAS III SD
Abstract
Media pembelajaran digunakan agar memudahkan peserta didik maupun guru dalam proses belajar mengajar, tentunya media pembelajaran ini sangat penting untuk terus di up-to-date selaras dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Dengan tujuan dapat mengembangkannya sebuah media pembelajaran berbasis teknologi, dapat membantu kesulitan guru dan peserta didik dalam proses belajar-mengajar di kelas, sehingga perlu adanya pengembangan dalam media pembelajaran tersebut. Adapun media pembelajaran berbasis teknologi yang dikembangkan adalah “Simaca” (Aplikasi Materi Pecahan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define. Desain, Development, dan Dissemination. Sasaran dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang terdiri dari satu guru wali kelas dan 20 peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Berdasarkan dari penelitian, diperoleh bahwa media pembelajaran “Simaca” ini sangat layak dan juga efektif untuk digunakan oleh peserta didik karena tampilan dari media pembelajaran “Simaca” yang mudah dan nyaman digunakan. Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi khususnya pada media “Simaca” ini efektif digunakan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika dan juga memudahkan dalam mempelajari materinya.
Kata Kunci:
Aplikasi, Media Pembelajaran, Pecahan, Smart Apps Creator 3