PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PECAHAN KELAS V

  • Yuliana Widi Maulita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Media pembelajaran yang tidak bervariasi akan menyebabkan menurunnya minat peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi atau pengembangan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran interaktif agar peserta didik turut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interakftif Articulate Storyline 3 pada materi pecahan kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian yaitu model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Sampel penelitian adalah 25 peserta didik kelas 5 SDN 2 Tuguraja. Teknis  analisis  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  reduksi  data,  penyajian data,  dan  penarikan  kesimpulan  atau  verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dengan hasil validasi oleh ahli materi yaitu 92,% dan hasil validasi oleh ahli media yaitu 96,9%. Media pembelajaran Articulate Storyline 3 dapat dijadikan pertimbangan oleh para guru dalam memvariasikan media pembelajaran

Kata Kunci:
Articulate Storyline 3, Media Pembelajaran Interaktif, Pecahan

Published
2023-10-11
How to Cite
MAULITA, Yuliana Widi; SAPUTRA, Erwin Rahayu. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PECAHAN KELAS V. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1-8, oct. 2023. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/43692>. Date accessed: 13 july 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v10i1.43692.