PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKKTIF ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI PECAHAN KELAS V
Abstract
Media pembelajaran yang tidak bervariasi akan menyebabkan menurunnya minat peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi atau pengembangan media pembelajaran, khususnya media pembelajaran interaktif agar peserta didik turut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interakftif Articulate Storyline 3 pada materi pecahan kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian yaitu model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Sampel penelitian adalah 25 peserta didik kelas 5 SDN 2 Tuguraja. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa media pembelajaran interaktif Articulate Storyline 3 dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dengan hasil validasi oleh ahli materi yaitu 92,% dan hasil validasi oleh ahli media yaitu 96,9%. Media pembelajaran Articulate Storyline 3 dapat dijadikan pertimbangan oleh para guru dalam memvariasikan media pembelajaran
Kata Kunci:
Articulate Storyline 3, Media Pembelajaran Interaktif, Pecahan