Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika

  • Sinta Hartini Dewi Universitas Jember
  • S Susanto Universitas Jember
  • Nurcholif Diah Sri Lestari Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di SMP Kelas VII pada pokok bahasan statistika. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan berdasarkan pada model 4-D (four-D Model), Thiagarajan Semmel & Semmel yang mana dalam proses pengembangannya terdapat empat tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), desain (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian adalah lembar validasi instrumen perangkat pembelajaran, observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis oleh kualitatif deskriptif untuk memenuhi prestasi kriteria menelusuri kevalidan, kepraktisan dan efektivitas. Berdasarkan hasil analisis data, perangkat pembelajaran dikategorikan baik dan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


 


Kata Kunci: NCTM, Statistika, Model 4-D

Published
2015-11-01
How to Cite
HARTINI DEWI, Sinta; SUSANTO, S; DIAH SRI LESTARI, Nurcholif. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 25-30, nov. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i3.4365.
Section
Articles