Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember

  • Lisa Ayu Lestari, Universitas Jember
  • S Suharto Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar siswa dan apabila ada, berapa eratnya pengaruh serta berarti atau tidaknya pengaruh itu. Variabel dalam penelitian ini adalah disposisi matematis siswa pada materi integral sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa pada materi integral sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen angket. Hasil analisis tingkat disposisi matematis siswa menunjukkan bahwa dari 30 siswa kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember terdapat 5 siswa yang memiliki tingkat disposisi matematis tinggi dan 25 siswa memiliki tingkat disposisi matematis sedang.Hasil analisis regresi yang diperoleh yaitu: persamaan regresiY=34,4+0,3X; rxy = 0,36 > rtabel = 0,374 maka Ho ditolak dan Ha diterima. yang berarti ada pengaruh positif disposisi matematis terhadap hasil belajar integral siswa sebesar 19% sedangkan 81% dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kemampuan siswa dalam memahami materi integral tak tentu, minat, kecerdasan, kemampuan kognitif, Guru dan kondisi panca indra.

 

Kata Kunci: Analisis Regresi, Disposisi Matematis, Hasil Belajar, Tingkat Disposisi Matematis.

Published
2016-03-01
How to Cite
AYU LESTARI,, Lisa; SUHARTO, S; FATAHILLAH, Arif. Analisis Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Hasil Belajar Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 4 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-43, mar. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4320>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4320.