Analisis Pola Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Jember dalam Memecahkan Masalah Open Ended Bangun Datar dan Bangun Ruang

  • Elsa Yuli Kurniawati Universitas Jember
  • D Dafik Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember

Abstract

Pembelajaran matematika melatih seseorang untuk berpikir kritis, kreatif, logis, analitis dan sistematis. Pada kenyataaannya, matematika sering dianggap sebagai ilmu yang menekankan pada berpikir logis dengan penyelesaian tunggal dan pasti, sehingga siswa tidak memiliki keleluasaan untuk mengembangkan ide kreatifnya. Kondisi tersebut menyebabkan rendahnya kreativitas siswa dalam belajar matematika. Kurikulum 2006 menyebutkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan untuk menguasai ilmu di masa depan, mengingat bahwa dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat [1]. Dengan demikian, kemampuan berpikir kreatif penting untuk dikembangkan.Penelitian ini mendeskripsikan tingkat dan proses berpikir kreatif siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Jember, dalam memecahkan masalah open ended. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif  paket A dan paket B, kuesioner serta pedoman wawancara. Dari 36 siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Jember yang termasuk TBK 0 (tidak kreatif) sebanyak dua siswa (5,56%), TBK 1 (kurang kreatif) sebanyak dua puluh siswa (55,56%), TBK 2 (cukup kreatif) sebanyak tiga belas siswa (36,1 %), TBK 3 (kreatif) hanya satu siswa (2,78%) dan belum ada siswa yang mampu mencapai TBK 4 (sangat kreatif). Karena hanya terdapat empat tingkat berpikir kreatif maka diambil empat orang siswa sebagai subjek penelitian yang diidentifikasi proses berpikir kreatifnya. Siswa TBK 3 yang sangat memenuhi untuk aspek kefasihan dan aspek fleksibilitas namun untuk aspek kebaruan masih kurang. Siswa TBK 2 hanya memenuhi aspek fleksibilitas saja. Siswa TBK 1 yang memenuhi aspek kefasihan saja. Siswa TBK 0 yang tidak memenuhi aspek kefasihan, aspek fleksibilitas dan aspek kebaruan.


Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Proses Berpikir Kreatif, Tingkat Berpikir Kreatif

Published
2016-03-01
How to Cite
YULI KURNIAWATI, Elsa; DAFIK, D; FATAHILLAH, Arif. Analisis Pola Berpikir Kreatif Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 2 Jember dalam Memecahkan Masalah Open Ended Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 18-23, mar. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4315>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i1.4315.
Section
Articles