Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Biologi

  • Nikmatul Fitriyah Universitas Jember
  • Sulifah Aprilya Hariani Universitas Jember
  • Kamalia Fikri Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan metode tes (pretest dan postest desain), pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen¸ subyek dipilih secara clustering random dengan nilai rerata yang berdekatan antar semua kelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik Anakova dan Uji Independent Sample T-Test. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Jember tahun pelajaran 2014/2015.


 


Kata Kunci:Creative Problem Solving, Mind Mapping, berpikir kreatif, dan hasil belajar 

Published
2015-07-01
How to Cite
FITRIYAH, Nikmatul; APRILYA HARIANI, Sulifah; FIKRI, Kamalia. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44-50, july 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4305>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.4305.
Section
Articles