Peningkatan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Penerapan Scientific Approach Siswa Kelas V SDN Grenden 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016

  • Bella Ayunita Putri Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember

Abstract

Proses pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang berkembang terutama mengenai mencapai tujuan pembelajaran diantaranya yaitu ketika ada siswa yang mengerjakan soal di papan tulis, ditemukan beberapa kesalahan dalam proses pengerjaan dan jawaban akhir tersebut benar, siswa lain kurang cermat dalam mengamati hanya melihat hasil akhir. Pembelajaran juga masih terpusat pada guru sehingga berpengaruh pada proses hasil belajar siswa (nilai ulangan harian) masih rendah. Tempat dan waktu penelitian yaitu di SDN Grenden 1 Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Grenden 1 Jember berjumlah 23 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, satu siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 58,26% yang termasuk kategori kurang baik, meningkat pada siklus 1 menjadi 68,96% dengan kategori cukup.Siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17% dengan kategori sangat baik.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Scientific Approach dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Jaring-jaring Bangun Ruang kelas V SDN Grenden 1 Jember.


 


Kata Kunci: Hasil Belajar, Scientific Approach, Jaring-jaring Bangun Ruang

Published
2016-12-18
How to Cite
PUTRI, Bella Ayunita; SUGIARTI, Titik; YULIATI, Nanik. Peningkatan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Melalui Penerapan Scientific Approach Siswa Kelas V SDN Grenden 01 Jember Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 27-29, dec. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3518>. Date accessed: 24 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3518.
Section
Articles