Penerapan Pembelajaran Berbasis Multikultural dengan Model Kooperatif Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Hajar Riza Asyiyah Universitas Jember
  • Bambang Soepeno Universitas Jember
  • S Soemarno Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan keterampilan sosial peserta didik melalui penerapan pembelajaran berbasis multikultural dengan model kooperatif Time Token pada mata pelajaran Sejarah kelas XII IPS 1 SMAN 1 Jenggawah tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 71,25%, siklus 2 meningkat sebesar 73,75%, dan siklus 3 meningkat sebesar 81,38%. Hasil keterampilan sosial peserta didik menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata keterampilan sosial peserta didik pada siklus 1 sebesar 39,02%, pada siklus 2 meningkat sebesar 63,05% dan siklus 3 sebesar 76,66%. Adanya penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi pendidik dalam pengelolaan proses pembelajaran sejarah yang lebih berkualitas untuk meningkatkan hasil pembelajaran sejarah.


 


Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Multikultural, Model Kooperatif Time Token, Hasil Belajar Peserta Didik, dan Keterampilan Sosial

Published
2016-12-18
How to Cite
ASYIYAH, Hajar Riza; SOEPENO, Bambang; SOEMARNO, S. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multikultural dengan Model Kooperatif Time Token untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Sosial Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 5-9, dec. 2016. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3514>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i3.3514.
Section
Articles