Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran Kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember
Abstract
Penelitian ini berhubungan dengan Analisis Norma Sosiomatematik dalam Pembelajaran kolaboratif Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat di Kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika yang implementasinya menggunakan model pembelajaran kolaboratif dan mendeskripsikan norma sosiomatematik dalam pembelajaran kolaboratif pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII-C SMP Negeri 11 Jember. Indikator norma sosiomatematik dalam penelitian ini dijabarkan berdasarkan kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, dan kelengkapannya, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi norma sosiomatematik dalam aktivitas kolaborasi, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, 27 dari 38 subyek penelitian memiliki kategori keyakinan positif (P1, P2, maupun P3) terhadap aktivitas kolaborasi dan memiliki rata-rata persentase norma sosiomatematik diatas 50% atau dengan kata lain subyek tersebut memiliki kemampuan komunikasi matematik dan keterampilan sosial dalam kategori baik bahkan sangat baik
Kata Kunci : norma sosiomatematik, keyakinan siswa, komunikasi matematik, keterampilan sosial, pembelajaran kolaboratif.