Model Kooperatif TGT Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 2 Jember (Pokok Bahasan Analisis Gerak Lurus Dua Dimensi)

  • Anna Farhiya Ulfah Universitas Jember
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Agus Abdul Ghani Universitas Jember

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran koperatif TGT terhadap hasil belajar fisika siswa MAN 2 Jember pada pokok bahasan analisis gerak lurus dua dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling area. Hasil penelitian yang pertama adalah nilai aktivitas siswa, presentase aktivitas tertinggi adalah mendengarkan penjelasan guru (89.87%), sementara persentase aktivitas terendah adalah menjawab pertanyaan (67.76%). Presentase rata-rata aktiitas belajar siswa dari setiap pertemuan adalah sebagai berikut: pertemuan pertama (83.54%) , pertemuan kedua (83.56%) dan pertemuan ketiga (84.22%). Presentase aktivitas siswa secara klasik sebesar (83.77 %). Apabila presentase aktivitas siswa tersebut disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka aktivitas siswa tersebut termasuk pada kriteria sangat aktif. Hasil penelitian yang kedua menggunakan hasil post-test siswa sebagai indikator hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78.67 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 45.63. Sedangkan analisis hasil belajar menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Penilaian skor hasil belajar menggunakan uji statistik didapatkan nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. hasil dari uji statistik tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa MAN 2 Jember.


 


Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif TGT, fiska, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa..

Published
2015-07-01
How to Cite
ULFAH, Anna Farhiya; MAHARDIKA, I Ketut; GHANI, Agus Abdul. Model Kooperatif TGT Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 2 Jember (Pokok Bahasan Analisis Gerak Lurus Dua Dimensi). Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 12-15, july 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3504>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i2.3504.
Section
Articles