Implementasi Model Group Investigation (GI) Berbasis Masalah Kontekstual Dipadu Penilaian Proyek Pada Pembelajaran Fisika di MA

  • Titim Matus Solichah Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember
  • Yushardi Adinegoro Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan model GI dan pembelajaran konvensional; 2) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran; 3) mengkaji hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan model GI. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA di MAN 1 Jember tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test SPSS 16 untuk mengkaji perbedaan hasil belajar, dengan persentase untuk menjelaskan keterampilan proses sains, dan bivariate correlate SPSS 16 untuk mengkaji hubungan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig. 0,003; 2) persentase keterampilan proses sains dalam kategori baik dengan persentase 81,12%; 3) ada hubungan yang signifikan antara keterampilan proses sains dan hasil belajar dengan sig. 0,039.


 


Kata kunci : group investigasi, permasalahan kontekstual, keterampilan proses sains

Published
2015-03-01
How to Cite
SOLICHAH, Titim Matus; PRIHANDONO, Trapsilo; ADINEGORO, Yushardi. Implementasi Model Group Investigation (GI) Berbasis Masalah Kontekstual Dipadu Penilaian Proyek Pada Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 20-23, mar. 2015. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3407>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3407.
Section
Articles