Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan soal ulangan harian pokok bahasan himpunan dan mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa kelas VII-A di SMPN 14 Jember tahun ajaran 2014/2015 berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah lembar jawaban siswa kelas VII-A pada ulangan harian pokok bahasan himpunan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Pedoman yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar instrumen klasifikasi soal dan hasil belajar siswa pada masing-masing level ranah kognitif Taksonomi Bloom. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase klasifikasi soal 13,3% untuk pengetahuan (C1); 46,7% untuk pemahaman (C2); dan 40% untuk aplikasi (C3). Hasil belajar matematika siswa kelas VII-A telah mencapai pada tingkat kemampuan kognitif aplikasi (C3), dengan persentase rata-rata sebagai berikut: tingkat kognitif pengetahuan (C1) sebesar 92,5%; tingkat kognitif pemahaman (C2) sebesar 61%; dan tingkat kognitif aplikasi (C3) sebesar 71,2%.
Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Himpunan, Taksonomi Bloom