Meningkatkan Keterampilan Menyimak Wawancara pada Siswa Kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari Melalui Media Audio Visual dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)

  • Shandy Febriansyah Universitas Jember
  • Hari Satrijono Universitas Jember
  • S Suhartiningsih Universitas Jember

Abstract

Kemampuan menyimak wawancara merupakan kemampuan yang perlu dimiliki siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Bangsalsari Jember berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa, rata-rata tiap tahunnya siswa mengalami kesulitan dalam menyimak wawancara. Hasil wawancara tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas VII E. Berdasarkan observasi, dapat diketahui siswa tidak dapat menyimak kegiatan wawancara dengan baik. Nilai rata-rata siswa 69,39 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 60,00. Untuk menangani masalah tersebut, maka dipilih model think pair share (TPS). Model TPS merupakan model untuk melatihkecakapan atau keterampilan siswa melalui tahap berpikir, berpasangan, dan berbagi. Model TPS digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari dalam menyimak wawancara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni wawancara, observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak wawancara meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar secara klasikal dari 75 pada siklus I menjadi 82,67 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 61, 11% atau sebanyak 22 siswa. Pada siklus II, jumlah siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 83,33% atau sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model TPS dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak wawancara.


 


Kata Kunci : menyimak wawancara, model think pair share, penerapan model think pair share, peningkatan kemampuan menyimak wawancara.

Published
2014-11-01
How to Cite
FEBRIANSYAH, Shandy; SATRIJONO, Hari; SUHARTININGSIH, S. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Wawancara pada Siswa Kelas VII E SMPN 1 Bangsalsari Melalui Media Audio Visual dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 20-24, nov. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3396>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.3396.
Section
Articles