Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember

  • R. Azmil Musthafa Universitas Jember
  • S Sunardi Universitas Jember
  • Arif Fatahillah Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Penellitian dilakukan terhadap 36 siswa kelas VII B SMP Negeri 10 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran siswa dan aspek kemampuan penalaran apa saja yang jarang muncul dalam penyelesaian siswa. Aspek (indikator) kemampuan penalaran yang dipakai ada enam berdasarkan peraturan dirjen dikdasmen depdiknas No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004 yaitu, (1) kemampuan mengajukan dugaan (conjectures), (2) kemampuan melakukan manipulasi matematika, (3) kemampuan menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa solusi, (4) kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan, (5) kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen, dan (6) kemampuan menentukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan penalaran siswa dalam meyelesaikan soal cerita materi FPB dan KPK kelas VII B SMP Negeri 10 Jember kategori cukup baik mempunyai frekuensi tertinggi yaitu 27,78%. Untuk aspek kemampuan penalaran yang jarang muncul dalam penelitian ini adalah pada aspek kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen yang frekuensi tertingginya pada kategori amat rendah yaitu 30,56% .


 


Kata Kunci: Deskriptif kualitatif, FPB dan KPK, indikator kemampuan penalaran, tingkat kemampuan penalaran

Published
2014-11-01
How to Cite
MUSTHAFA, R. Azmil; SUNARDI, S; FATAHILLAH, Arif. Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi FPB dan KPK Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 1-6, nov. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/3392>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.3392.
Section
Articles