Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan

  • U Ulfaida Universitas Negeri Surabaya
  • Triesninda Pahlevi Universitas Negeri Surabaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengukur dan menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran online ke hasil belajar siswa melalui minat belajar pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Lamongan yang dilakukan dengan metode survey, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket tertutup dengan model likert scale yang diberikan kepada sampel dengan purposive sampling, dimana jumlah sampel yang digunakan 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas X OTKP 1 dan 36 siswa OTKP 2. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang menggunakan software SmartPLS versi 3.0 sebagai teknis analisis data. Berdasarkan analisis jalur diperoleh hasil yang dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran online tidak memberi dampak ke hasil belajar siswa (P Value = 0,267), penggunaan media online memiliki dampak yang positif ke minat belajar siswa (P Value = 0,000), minat belajar tidak berdampak positif ke hasil belajar siswa (P Value = 0,609), penggunaan media online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa tidak memberi dampak positif dan signifikan (P Value = 0,621).


 


Kata Kunci: Hasil belajar, Media pembelajaran online, Minat belajar


 

Published
2021-09-08
How to Cite
ULFAIDA, U; PAHLEVI, Triesninda. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 25-31, sep. 2021. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26902>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26902.
Section
Articles