Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Berbagai Pekerjaan†di SDN 1 Kencong Jember
DOI:
https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26827Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Kencong, Jember pada tema “Berbagai Pekerjaan†dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 1 Kencong Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PKN tema berbagai pekerjaan pada materi Jenis-jenis Pekerjaan peningkatan hasil belajar secara klasikal dari pra-siklus ke siklus 1 dengan skor rata-rata 74, 5 atau dengan prosentase meningkat 50%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 84 atau prosentase meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pempembelajaran PKn tema Berbagai Pekerjaan di SDN 1 Kencong, Jember.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas