Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Berbagai Pekerjaan” di SDN 1 Kencong Jember

  • Arwika Ayu Damayanti Universitas Jember
  • Imam Muchtar Universitas Jember
  • Yayuk Mardiati Universitas Jember

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Kencong, Jember pada tema “Berbagai Pekerjaan” dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 1 Kencong Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran PKN tema berbagai pekerjaan pada materi Jenis-jenis Pekerjaan peningkatan hasil belajar secara klasikal dari pra-siklus ke siklus 1 dengan skor rata-rata 74, 5 atau dengan prosentase meningkat 50%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 84 atau prosentase meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pempembelajaran PKn tema Berbagai Pekerjaan di SDN 1 Kencong, Jember.


 


Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas


 

Published
2021-09-08
How to Cite
DAMAYANTI, Arwika Ayu; MUCHTAR, Imam; MARDIATI, Yayuk. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Berbagai Pekerjaan” di SDN 1 Kencong Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 11-16, sep. 2021. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26827>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26827.
Section
Articles