Hambatan Guru pada Saat Melakukan Pembelajaran Daring Selama Work From Home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto

  • Silvia Ajeng Mawaddah Universitas Negeri Surabaya
  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan guru pada saat melakukan pembelajaran daring selama Work From Home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 guru OTKP, sedangkan 1 Kaprodi dan 1 guru OTKP sebagai triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk indikator media, guru masih membutuhkan waktu untuk belajar dan memahami terlebih dahulu terkait aplikasi digital online (google class, google meet, dan zoom) dan guru masih terbiasa dengan penggunaan whatsapp group dalam menyampaikan materi dan pemberian tugas kepada siswa. Untuk indikator sikap, beberapa siswa masih terlambat masuk dalam proses pembelajaran karena kendala sinyal dan guru masih terlambat dalam mengakhiri proses pembelajaran karena siswa yang masih mengajukan pertanyaan tambahan. Untuk indikator motivasi, kurangnya antusiasme siswa dalam belajar karena kurang memahami materi yang diajarkan dan beberapa siswa masih merasa jenuh terhadap pembelajaraan daring sehingga berakibat malas belajar dan nilainya menjadi turun. Untuk indikator kreatifitas, beberapa guru tidak memanfaatkan aplikasi digital online (google class, google meet, dan zoom) untuk diskusi dan tanya jawab serta tidak membuat dan mengunggah video pembelajaran saat melakukan pembelajaran selama WFH dan tidak semua guru menyampaikan materi menggunakan ppt (Power Point Text) karena lebih nyaman jika langsung menjelaskan kepada siswa. Untuk indikator sarana prasarana, cuaca dan ketersediaan jaringan yang mempengaruhi sinyal internet sehingga menghambat proses pembelajaran dan tempat tinggal siswa yang tidak sama sehingga mempengaruhi jangkauan internet.


 


Kata Kunci: hambatan; pembelajaran daring; work from home.


 

Published
2021-09-08
How to Cite
MAWADDAH, Silvia Ajeng; PUSPASARI, Durinta. Hambatan Guru pada Saat Melakukan Pembelajaran Daring Selama Work From Home (WFH) di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 1-10, sep. 2021. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/26826>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26826.
Section
Articles