Penerapan Metode Pembelajaran Drill melalui Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 Jari pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Krian 2 Sidoarjo

  • K Khoiriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract


Ketepatan metode pembelajaran menjadi faktor penting dalam meningkatkan aktivitas dan keterampilan mengetik 10 jari. Guru masih menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam pembelajaran mengetik. Sehingga penelitian ini mempunyai tujuan meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan mengetik 10 jari siswa kelas X OTKP 1 dengan menggunakan metode pembelajaran drill. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian ini adalah lembar aktivitas siswa dan lembar pengamatan keterampilan mengetik 10 jari. Analisis hasil penelitian mencakup analisis aktivitas siswa daan analisis keterampilan mengetik 10 jari. Hasil penelitian dinyatakan sebagai berikut: pada siklus I, hasil aktivitas siswa secara keseluruhan mendapat rata-rata skor sejumlah 1,89 (kurang baik). Sedangkan hasil keterampilan mengetik 10 jari pada aspek kecepatan sejumlah 61 (cukup baik), pada aspek ketepatan sejumlah 49% (cukup baik). Pada pada siklus II, hasil aktivitas siswa secara keseluruhan mendapat rata-rata skor sejumlah 2,78 (cukup baik). Sedangkan hasil keterampilan mengetik 10 jari pada aspek kecepatan sejumlah 85 (cukup baik), pada aspek ketepatan sejumlah 74% (baik). Pada siklus III, hasil aktivitas siswa secara keseluruhan mendapat rata-rata skor sejumlah 3,72 (baik). Sedangkan hasil keterampilan mengetik 10 jari pada aspek kecepatan sejumlah 115 (baik), pada aspek ketepatan sejumlah 90% (sangat baik). Hasil ini telah menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dan keterampilan mengetik 10 jari dari siklus I, II, dan III, serta menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran drill melalui typing master dapat meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran kelas X OTKP 1 di SMK Krian 2 Sidoarjo.

Kata Kunci: Keterampilan Mengetik 10 jari, Metode Pembelajaran drill, Typing Master.


 

Published
2021-03-31
How to Cite
KHOIRIYAH, K; PUSPASARI, Durinta. Penerapan Metode Pembelajaran Drill melalui Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik 10 Jari pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran di SMK Krian 2 Sidoarjo. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 6-16, mar. 2021. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/23967>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i1.23967.
Section
Articles