Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (Tpack) Calon Guru PAUD Angkatan Tahun 2015 di Universitas Jember
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini angkatan tahun 2015 di Universitas Jember yang telah membantu mengajar atau menjadi asisten guru di sekolah. Latar belakang diadakannya penelitian ini karena kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari memadai karena kualitas guru yang masih bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan TPACK calon guru PAUD angkatan tahun 2015 di Universitas Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini angkatan tahun 2015 di Universitas Jember yang telah membantu mengajar atau menjadi asisten guru di sekolah sebanyak 20 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil perhitungan nilai mean (rata-rata), skor minimum, skor maksimum dan standar deviasi menggunakan SPSS Versi 21 sebanyak 30% atau 6 mahasiswa berada pada tingkat sangat menguasai, sebanyak 65% atau 13 mahasiswa berada pada tingkat menguasai, sebanyak 5% atau 1 mahasiswa berada pada tingkat cukup menguasai, dan pada tingkat kurang baik dan tidak baik sebanyak 0%. Secara keseluruhan dari hasil deskriptif kuantitatif diperoleh nilai mean sebesar 3,7914. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) calon guru PAUD angkatan tahun 2015 di Universitas Jember berada pada tingkat baik.
Kata Kunci: Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK), Calon Guru PAUD