Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Pembelajaran Model Sinektik Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2019-2020

  • S Sutiono SMA Negeri 1 Kencong

Abstract


Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia tingkat SMA terutama dalam menulis cerpen diharapkan mampu dikuasai oleh semua siswa. Harapannya, siswa mampu menulis cerpen mengungkapkan pengalamanya sendiri dan orang lain dengan menentukan pelaku, peristiwa, latar, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran yang bisa mengatasi masalah menulis cerpen. Desain pembelajaran digunakan model sinektik dalam penelitian ini dengan mempertimbangkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa pada umumnya dan tentunya dengan tujuan utamanya membantu memfasilitasi kebutuhan siswa dalam kemampuan bersastranya yang mencakup kemampuan apresiasi (penghayatan) dan ekspresi (menampilkan) sebuah karya sastra diwujudkan melalui menulis dan menciptakan cerpen. Model pembelajaran ini melibatkan analogi dan metafora untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Proses metaforik model pembelajaran ini diidentifikasikan ke dalam analogi personal (personal analogy), analogi langsung (direct analogy), dan konflik padat (compressed conflict). Semakin tinggi proses yang dilakukan siswa, semakin terbuka wawasan siswa, maka semakin memungkinkan untuk memperoleh hasil yang tinggi pula. Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa penggunaan model sinektik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia khususnya dalam menulis cerpen dengan memperhatikan unsur pembangunnya (intrinsik meliputi tema, alur, latar, sudut pandang, penokohan, dan amanat) menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari hasil belajar dengan menggunakan tiga siklus sehingga mencapai hasil batas minimal 85% jumlah siswa yang memiliki nilai melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan.


 


Kata Kunci : Peningkatan, Kemampuan, Menulis Cerpen, dan Model Sinektik


 

Published
2020-11-30
How to Cite
SUTIONO, S. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Pembelajaran Model Sinektik Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 16-21, nov. 2020. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21601>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21601.
Section
Articles