Model Inkuiri dan Pendekatan STEM Dengan Proyek Termotolsi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Suhu dan Kalor Pada Peserta Didik Kelas VIIa di SMPN 1 Jenggawah

  • Yuli Feri Widyawati SMP Negeri 1 Jenggawah

Abstract


Penerapan Inkuiri dan pendekatan STEM adalah upaya peneliti untuk melatih peserta didik berfikir ilmiah, agar memahami sains dan teknologi, kreatif berenjiniring, berfikir kritis , cakap dalam operasi matematika, serta dapat bekerja kolaboratif dan cakap berkomunikasi. Dengan demikian maka hasil belajar pengetahuan, keterampilan abad 21 serta karakter peserta didik akan meningkat. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VIIA sebanyak 29 peserta didik. Data penelitian yang diambil selama proses pembelajaran menggunakan lembar obervasi. Sedangkan data setelah proses penelitian diambil dengan menggunakan soal soal tes. Melalui analisis hasil penelitian secara kualitatif dan kuantitatif diketahui bahwa, terdapat peningkatan sebesar 7,6 pada hasil belajar pengetahuan, peningkatan sebesar 3,81 pada hasil belajar sikap, dan peningkatan sebesar 12,6 pada hasil belajar keterampilan praktek dan produk, serta peningkatan sebesar 5,8 pada hasil belajar keterampilan presentasi. sehingga disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri dan pendekatan STEM dengan membuat termotolsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa


 


Kata Kunci : Hasil Belajar , Model Inkuiri,  STEM ,Termotolsi


 

Published
2020-11-30
How to Cite
WIDYAWATI, Yuli Feri. Model Inkuiri dan Pendekatan STEM Dengan Proyek Termotolsi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Suhu dan Kalor Pada Peserta Didik Kelas VIIa di SMPN 1 Jenggawah. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 12-15, nov. 2020. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21600>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21600.
Section
Articles