Perancangan Media Pembelajaran Kalkulus Berbasis Multimedia Menggunakan Macromedia FLASH
Abstract
Penggunaan media pembelajaran ini semakin maju, sehingga dalam pembelajaran matematika, penggunaan media pembelajaran sangatlah dibutuhkan. Perlu diketahui bahwa tidak semua materi pada matematika dapat disajikan dalam komputer, tetapi setidaknya kita mempunyai media alternatif baru yaitu komputer dengan menggunakan bantuan software tertentu untuk menunjang pembelajaran matematika. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Pada era informatika, visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan dengan suara (audio). Namun yang lebih penting ialah pemahaman tentang penggunaan teknologi tersebut dengan lebih efektif dan dapat menghasilkan ide-ide untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merancang media pembelajaran yang praktis dan efisien menggunakan macromedia flash pada materi pembelajaran kalkulus differensial dan kalkulus integral; 2) Mengetahui kevaliditasan media pembelajaran dengan macromedia flash pada materi kalkulus differensial dan kalkulus integral; 3) Mengetahui keefektivan media pembelajaran dengan macromedia flash pada materi kalkulus differensial dan kalkulus integral. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Ponorogo Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika. Untuk pengumpulan data digunakan metode angket. Metode angket ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan respon mahasiswa tentang media pembelajaran yang dibuat. Angket yang dibuat akan diisi oleh ahli media, ahli materi dan mahasiswa sebagai user. Pada teknik analisis data terdapat analisis validitas media dan materi serta analisis keefektifan media pembelajaran
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kalkulus (Differensial dan Integral)