Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Whole Brain Teaching pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Tunarungu Kelas VIIIB SMPLB Sinar Harapan Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran yang digunakan pada pokok bahasan Teorema Pythagoras untuk siswa tunarungu di Kelas VIIIB SMPLB, (2) aktivitas dan ketuntasan belajar siswa dalam penggunaan pembelajaran pada pokok bahasan Teorema Pythagoras untuk siswa tunarungu di Kelas VIIIB SMPLB. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas dimana Pembelajaran Matematika Realistik dengan Whole Brain Teaching. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPLB Sinar Harapan Probolinggo yang berjumlah 5 siswa. Siswa terdiri atas 3 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, siswa dikatakan tuntas apabila memenuhi ketuntasan ≥70. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pra siklus semuanya tidak tuntas. Keaktifan siswa pada pra siklus cenderung pasif. Kemudian, pada siklus I dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 5 orang. Keaktifan siswa mulai tumbuh dan berani untuk tampil di depan kelas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Whole Brain Teaching dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa tunarungu kelas VIIIB SMPLB Sinar Harapan Probolinggo tahun ajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika Realistik, Whole Brain Teaching, Aktivitas siswa, Hasil belajar siswa.