Kontribusi Kursus Melukis Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Di Sanggar Seni Banitas Kabupaten Jember

  • Djodik Wirabuana Universitas Jember
  • A.T Hendra Wijaya Universitas Jember
  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember

Abstract

Abstrak. Kursus melukis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas anak, karena kreativitas anak menjadi faktor penting dalam perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: adanya kontribusi kursus melukis terhadap peningkatan kreativitas anak di Sanggar Seni BANITAS Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi, analisis data yaitu dengan tata jenjang. Hasil dari penelitian bahwa keterampilan berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, dan keterampilan berfikir orisnil, di antaranya yang mempunyai tingkat pengaruh yang cukup dan kuat sehingga mempunyai pengaruh bagi ketiga aspek perkembangan tersebut. Tidak dipungkiri bahwa langkah dan metode dalam kursus melukis dapat meningkatkan kreativitas pada anak, kursus melukis memiliki hubungan dengan peningkatan kreativitas anak, baik itu perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi. Maksudnya adalah kursus melukis mempunya rangkaian peranan dalam peningkatan kreativitas anak yang didalamnya terdapat meliputi keterampilan proses berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, dan keterampilan berfikir orisini. Peningkatan kreativitas pada anak dapat ditingkatkan semaksimal mungkin dengan mengikuti kursus di Sanggar Seni BANITAS Kabupaten Jember.


 


Kata Kunci: Kursus Melukis, Peningkatan Kreativitas Anak

Published
2014-07-01
How to Cite
WIRABUANA, Djodik; WIJAYA, A.T Hendra; IMSIYAH, Niswatul. Kontribusi Kursus Melukis Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Di Sanggar Seni Banitas Kabupaten Jember. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 28-30, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1397>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1397.