Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013-2014)

  • Meilisa Wulandari Universitas Jember
  • Sutrisno Djaja Universitas Jember

Abstract

Abstrak.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar akuntansi pada materi jurnal penyesuaian (studi kasus pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013-2014). Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, penentuan subjek penelitian menggunakan metode snowball. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesulitan belajar akuntansi pada materi jurnal penyesuaian yang dialami oleh siswa kelas XI IPS. Kesulitan belajar ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan dasar atas bahan yang dipelajari berupa pemahaman dan keterampilan dalam menganalisis, menghitung dan mencatat data transaksi; kurangnya minat belajar siswa terhadap materi jurnal penyesuaian; rendahnya daya konsentrasi siswa saat mengikuti pelajaran akuntansi; metode mengajar guru yang kurang menarik saat pelajaran akuntansi kerena guru lebih menggunakan metode pemberian tugas; serta kurang lengkapnya prasarana pembelajaran seperti inventaris kelas, tidak tersedianya viewer dan persediaan buku pelajaran akuntansi uang kurang memadai.


 


Kata kunci : penyebab kesulitan belajar, jurnal penyesuaian

Published
2014-07-01
How to Cite
WULANDARI, Meilisa; DJAJA, Sutrisno. Analisis Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013-2014). Jurnal Edukasi, [S.l.], p. 23-27, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1396>. Date accessed: 20 feb. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1396.
Section
Articles