Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014

  • Diana Safitri Universitas Jember
  • Sri Handayani Universitas Jember
  • Nurul Umamah Universitas Jember

Abstract

Abstrak. Pembelajaran versi kurikulum 2013 diharapkan dapat mendorong peserta didik menjadi aktif, kreatif, dan inovatif. Pendidik diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam mengkontruksikan masa lampau dengan mengaitkan kondisi masa sekarang agar pembelajaran lebih bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah dengan menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) pada peserta didik kelas X 3 SMAN 1 Bangorejo. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April sampai bulan Mei 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 3 SMAN 1 Bangorejo dengan jumlah 31 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Kreativitas peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh 60,48%, pada siklus 2 meningkat 18,60% menjadi 71,23%, pada siklus 3 meningkat 7,97% menjadi 77,95% . Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase sebesar 70,96%, pada siklus 2 meningkat 9,09% menjadi 77,41% pada siklus 3 meningkat 8,34% menjadi 83,87%. Hasil belajar psikomotorik pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 62,29%, pada siklus 2 meningkat 14,89% menjadi 71,57% dan pada siklus 3 meningkat 7,88% menjadi 77,21%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta kelas X 3 SMAN 1 Bangorejo.


 


Kata Kunci : model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE), kreativitas, hasil belajar peserta didik.

Published
2014-07-01
How to Cite
SAFITRI, Diana; HANDAYANI, Sri; UMAMAH, Nurul. Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas X3 SMAN 1 Bangorejo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 10-14, july 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1393>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i2.1393.