PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS PADA POKOK BAHASAN JENIS DAN PERSEBARAN SDA SERTA PEMANFAATANNYA DI SDN TEMPURSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

  • Fungki Dwi Marinta Universitas Jember
  • K Khutobah Universitas Jember
  • M Marjono Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menargetkan penelitian pada siswa kelas IV SDN Tempursari 01 tahun pelajaran 2012/2013. Analisis data diperoleh dari observasi, tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dari Hopkins, diperoleh setiap


siklus mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, siklus I sebesar 73,53% dan siklus II sebesar 91,18%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV bidang studi IPS pada pokok bahasan jenis dan persebaran SDA serta pemanfaatannya di SDN Tempursari 01 tahun pelajaran 2012/2013.


 


Kata Kunci : Model Pembelajaran PAIKEM, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa..

Author Biography

Fungki Dwi Marinta, Universitas Jember

Fungki Dwi Marinta, Khutobah, Marjono

Published
2014-03-01
How to Cite
MARINTA, Fungki Dwi; KHUTOBAH, K; MARJONO, M. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV BIDANG STUDI IPS PADA POKOK BAHASAN JENIS DAN PERSEBARAN SDA SERTA PEMANFAATANNYA DI SDN TEMPURSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 44-47, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1033>. Date accessed: 17 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1033.
Section
Articles