ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013

  • Tika Dwi Rahayu Universitas Jember
  • Bambang Hari Purnomo Universitas Jember
  • S Sukidin Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya tingkat kesukaran dan daya beda pada soal ujian tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Objek yang diteliti adalah 40 butir soal pilihan ganda buatan guru ekonomi kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis tingkat kesukaran dan daya beda butir soal buatan guru selanjutnya diintrepretasikan ke dalam kriteria yang telah ditetapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu mengintrepretasikan data hasil perhitungan tingkat kesukaran dan daya beda soal pilihan ganda buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal pilihan ganda buatan guru belum proporsional, sebanyak 22 soal buatan guru yang tidak sesuai antara ranah kognitif yang ditetapkan oleh guru dengan ranah kognitif yang sebenarnya menurut taksonomi Bloom. Daya beda soal pilihan ganda buatan guru tersebut masih rendah. Sebanyak 19 soal buatan guru belum mampu membedakan kemampuan antara siswa pandai dengan siswa kurang pandai.


 


Kata Kunci : Tingkat Kesukaran Soal, Daya Beda Soal.


 

Author Biography

Tika Dwi Rahayu, Universitas Jember

Tika Dwi Rahayu, Bambang Hari Purnomo, Sukidin

Published
2014-03-01
How to Cite
RAHAYU, Tika Dwi; PURNOMO, Bambang Hari; SUKIDIN, S. ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 39-43, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1032>. Date accessed: 18 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1032.
Section
Articles