PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN SATU-LIMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN PILIH JAWABAN BERNUANSA GASING KELAS II SD NEGERI SLATENG 03 TAHUN 2011-2012

  • Lilik Mardiana Universitas Jember
  • H Hobri Universitas Jember
  • S Suharto Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar perkalian bilangan 1-5 melalui pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Slateng 03 Ledokombo Jember tahun 2011-2012. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu obsevasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif reflektif. Persentase aktivitas belajar  pada  siklus I adalah 59,88% (kategori sedang), dan meningkat pada siklus ke II yaitu 79,32%. Persentase hasil belajar matematika siswa  melaui pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing ada perkalian bilangan 1-5 mengalami peningkatan. Pada siklus I persentasenya 70,37%, dan pada siklus ke II 88,89%, jadi meningkat 18,52%.


 


Kata Kunci : pembelajaran kooperatif dengan permainan pilih jawaban bernuansa Gasing, PTK, Aktifitas, Hasil Belajar.

Author Biography

Lilik Mardiana, Universitas Jember

Lilik Mardiana, Hobri, Suharto

Published
2014-03-01
How to Cite
MARDIANA, Lilik; HOBRI, H; SUHARTO, S. PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN BILANGAN SATU-LIMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN PILIH JAWABAN BERNUANSA GASING KELAS II SD NEGERI SLATENG 03 TAHUN 2011-2012. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 35-37, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1031>. Date accessed: 23 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1031.
Section
Articles