PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKIBAT PERILAKU MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 1 BAYEMAN ARJASA SITUBONDO TAHUN 2012/2013

  • S Sukriyanto Universitas Jember
  • Nanik Yuliati Universitas Jember
  • Umar H.M. Saleh Universitas Jember

Abstract

Abstrak


 


Kurang optimalnya pembelajaran IPS di SD disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan metode yang kurang tepat dalam menumbuhkan aktivitas belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa, Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menggunakan metode Inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model skema penelitian Hopkins, menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, persentase aktivitas siswa siklus I sebesar 69,78% pada siklus II sebesar 81,32%, sedangkan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,72%, dan siklus II sebesar 82,76%.


 


Kata Kunci : inquiry, PTK, hasil belajar

Author Biography

S Sukriyanto, Universitas Jember

Sukriyanto, Nanik Yuliati, Umar HM. Saleh

Published
2014-03-01
How to Cite
SUKRIYANTO, S; YULIATI, Nanik; SALEH, Umar H.M.. PENERAPAN METODE INQUIRY DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN AKIBAT PERILAKU MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 1 BAYEMAN ARJASA SITUBONDO TAHUN 2012/2013. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-34, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1030>. Date accessed: 21 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1030.
Section
Articles