IDENTIFIKASI TINGKAT KONSISTENSI IMPLEMENTASI SYNTAX PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PPL BOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER

  • Widya Resti Susanti Universitas Jember
  • Wachju Subchan Universitas Jember
  • Dwi Wahyuni Universitas Jember

Abstract

Abstrak


FKIP sebagai pencetak tenaga kependidikan harus mampu membekali dan melatih calon tenaga pendidik menjadi seorang pendidik professional baik dari segi teori maupun praktek. Salah satu pelatihan itu melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar konsistensi implementasi syntax pembelajaran kooperatif mahasiswa PPL biologi dan adakah hubungannya dengan hasil belajar siswa SMPN Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei dan untuk penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwasanya tipe pembelajaran kooperatif yang digunakan responden adalah STAD (Student Teams Achievement Division) sebanyak 35,7%, TGT (Teams Games Tournament) 28,6% dan NHT (Number Head Together) 35,7%. Untuk memaksimalkan hasil belajar, dilakukan beberapa penggabungan tipe pembelajaran kooperatif tersebut dengan teknik pembelajaran lain, diantaranya NHT dengan picture and picture, NHT dengan role playing, TGT dengan role playing dan STAD dengan example non example. Mahasiswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT 100% memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax tinggi. Tetapi, mahasiswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, 80% tingkat konsistensi implementasi syntax tinggi dan 20% sisanya memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax sedang. Hasil analisis menunjukkan terdapat korelasi yang tidak signifikan (r =0,058; p=0,844) antara konsistensi implementasi syntax pembelajaran kooperatif pada mahasiswa PPL biologi terhadap hasil belajar siswa.


 


Kata Kunci : syntax, pembelajaran kooperatif, mahasiswa PPL, hasil belajar.


 

Author Biography

Widya Resti Susanti, Universitas Jember

 

Widya Resti Susanti, Wachju Subchan, Dwi Wahyuni

Published
2014-03-01
How to Cite
SUSANTI, Widya Resti; SUBCHAN, Wachju; WAHYUNI, Dwi. IDENTIFIKASI TINGKAT KONSISTENSI IMPLEMENTASI SYNTAX PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PPL BOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 21-26, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1028>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1028.
Section
Articles