PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KADEMANGAN 1 BONDOWOSO

  • Suhairiah Rachmawati Universitas Jember
  • Imam Muchtar Universitas Jember
  • Umar H.M. Shaleh Universitas Jember

Abstract

Abstrak


Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik. Akan tetapi, para siswa beranggapan bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Pembelajaran PKn biasanya terpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan menyebabkan aktivitas belajar siswa rendah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa pun belum optimal. Demikian juga yang terjadi pada siswa kelas VI SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas di sekolah tersebut dengan siswa kelas VI sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn materi pokok Demokrasi melalui model pembelajaran scramble. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran scramble.


 


Kata Kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model pembelajaran scramble, Pendidikan Kewarganegaraan.

Author Biography

Suhairiah Rachmawati, Universitas Jember

Suhairiah Rachmawati7), Imam Muchtar8), Umar H.M. Shaleh9)

Published
2014-03-01
How to Cite
RACHMAWATI, Suhairiah; MUCHTAR, Imam; SHALEH, Umar H.M.. PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKN MATERI POKOK DEMOKRASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SD NEGERI KADEMANGAN 1 BONDOWOSO. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 10-14, mar. 2014. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/1026>. Date accessed: 16 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1026.
Section
Articles