Pengaruh Program Keluarga Berencana Terhadap Kondisi Kehidupan Sosial dan Ekonomi Pada Keluarga Akseptor KB di Desa Sidodadi Kabupaten Jember

  • Ahrian Febia Syubhi Universitas Jember
  • Fivien Muslihatiningsih Universitas Jember
  • Endah Kurnia Lestari Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program KB terhadap kondisi sosial dan ekonomi keluarga akseptor KB di Desa Sidodadi Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisa data berdasarkan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian didapatkan, bahwa dorongan untuk mengikuti program KB bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dengan mengatur jarak kelahiran, sehingga keluarga akseptor dapat memiliki waktu luang untuk mencari pekerjaan diluar aktivitas merawat anak Ada dua pandangan yang bertolak belakang mengenai pengaruh program KB terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat. Bagi keluarga yang bukan akseptor KB, program KB sedikit sekali pengaruhnya terhadap perubahan sosial ekonomi mereka, karena program KB hanyalah sebagai upaya dalam mewujudkan keluarga sejahtera, namun sejatinya semua itu kembali kepada masing-masing keluarga yang menjalan-kan dan mendirikan rumah tangga. Bagi keluarga yang mengikuti program KB beranggapan bahwa program KB sangat berpengaruh terhadap perubahan sosial ekonomi.


 

Published
2023-11-29
How to Cite
SYUBHI, Ahrian Febia; MUSLIHATININGSIH, Fivien; LESTARI, Endah Kurnia. Pengaruh Program Keluarga Berencana Terhadap Kondisi Kehidupan Sosial dan Ekonomi Pada Keluarga Akseptor KB di Desa Sidodadi Kabupaten Jember. Jurnal Ekuilibrium, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 94-113, nov. 2023. ISSN 2722-211X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK/article/view/40375>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jek.v7i2.40375.