Pengaruh Insentif, Lama Bekerja Dan Curahan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pekerja Bidang Jasa Katering Di Kota Bekasi Tahun 2018

  • Rabhani Segara Universitas Jember
  • I Wayan Subagiarta Universitas Jember
  • Aisah Jumiati Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh insentif terhadap pendapatan tenaga kerja bidang jasa katering di Kota Bekasi; (2) Pengaruh lama bekerja terhadap pendapatan tenaga kerja bidang jasa katering di Kota Bekasi; (3) Pengaruh curahan jam kerja terhadap pendapatan tenaga kerja bidang jasa katering di Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka atau bilangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer yang diambil secara langsung dengan menyebar kuisioner kepada pekerja bidang jasa katering di Kota Bekasi, sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berasal dari sumber-sumber buku, web terkait, dan jurnal penelitian.  Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi variabel berganda dengan menggunakan metode Ordinary Least Square, Variabel dependen yang digunakan adalah pendapatan pekerja katering yang didapatkan setiap bulannya, sedangkan variabel independen berupa insentif, lama bekerja dan curahan jam kerja. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Insentif berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pekerja di bidang jasa katering di Kota Bekasi tahun 2018; (2) Lama bekerja berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pekerja di bidang jasa katering di Kota Bekasi tahun 2018; (3) Curahan jam kerja berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan pekerja di bidang jasa katering di Kota Bekasi tahun 2018. Penelitian ini menghasilkan nilai R-squared yang menunjukan tingkat relevansi penelitian dengan kenyataan yang sesungguhnya sebesar 0.96.

Published
2021-09-21
How to Cite
SEGARA, Rabhani; SUBAGIARTA, I Wayan; JUMIATI, Aisah. Pengaruh Insentif, Lama Bekerja Dan Curahan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pekerja Bidang Jasa Katering Di Kota Bekasi Tahun 2018. Jurnal Ekuilibrium, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 13-27, sep. 2021. ISSN 2722-211X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEK/article/view/18773>. Date accessed: 07 july 2022.