IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT SYSTEM DALAM UPAYA PENINGKATAN CLEAN AND GOOD GOVERNANCEDI INDONESIA

  • Kusuma Dewi Arum Sari
  • Wahyu Agus Winarno

Abstract

Perkembangan paradigma kehidupan bernegara sejak reformasi 1998, membawa suatu tuntutan terciptanya clean andgoodgovernance di Indonesia. Dalam mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kebijakan yang terarah salah satunya melalui pemanfaatan Teknologi Informasi berupa e-government. E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan pilihan pada masyarakat untuk mengakses informasi secara mudah guna meningkatkan transparansi, akuntabilitas, maupun partisipasi masyarakat sehingga dapat menjadi sarana check and balances kebijakan dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah.
Hasil penelitian ini menunjukkan, perkembangan sistem e-government di Indonesia secara kuantitas mulai meningkat namun secara kualitas hal ini belum memadai.Untuk lebih meningkatkan pengembangan e-government di Indonesia baik dari segi kuantitas maupun kualitas maka diperlukan adanya komitmen dari pemerintah dalam menyempurnakan pengembangan e-government terutama dari segi infrastruktur, SDM, aplikasi, regulasi serta sosialisasi di internal pemerintah maupun kepada masyarakat. Bila dilakukan dengan serius hal tersebut dapat mendukung tercapainya keberhasilan implementasi e-government dan mampu memperbaiki mutu pelayanan publik demi terciptanya clean and good governance di Indonesia.

Kata kunci: E-Government, clean and good governance, transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik
How to Cite
ARUM SARI, Kusuma Dewi; WINARNO, Wahyu Agus. IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT SYSTEM DALAM UPAYA PENINGKATAN CLEAN AND GOOD GOVERNANCEDI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1192>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.