Kejahatan Pencucian Uang dan Perdagangan Orang

Perspektif Internasional dalam Penegakan Hak Asasi Manusia

  • Alvina Agustinningrum universitas jember
  • Alvina Agustinningrum Universitas Jember
  • Meytha Amanda Haditia Universitas Jember
  • Qatrun Nada Salsabila Universitas Jember

Abstract

Kejahatan pencucian uang dan perdagangan orang merupakan kejahatan transnasional yang sulit untuk diberantas. Pencucian uang sendiri dan perdagangan orang menjadi fenomena yang menjadi permasalahan yang sering kali dihadapi oleh negara-negara di dunia. Meningkatnya jumlah kasus pencucian uang dan perdagangan orang dari waktu ke waktu, maka perlu evaluasi dari efektifnya penerapan hukumnya serta bagaimana pengaturan hukum mengenai upaya untuk memberantas dan mencegah pencucian uang dan perdagangan orang kedepannya, melalui instrumen hukum nasional maupun internasional, serta peraturan hukum apa saja yang mengatur tindak pidana pencucian uang dan perdagangan orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian doktrinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahaya dari kejahatan pencucian uang dan perdagangan orang seharusnya sudah menjadi kewajiban pemerintah Indonesia dan negara lain turut serta bertanggung jawab untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan pencucian uang dan perdagangan orang dengan instrumen hukum yang telah dirumuskan.

Published
2023-12-22
How to Cite
AGUSTINNINGRUM, Alvina et al. Kejahatan Pencucian Uang dan Perdagangan Orang. JURNAL ANTI KORUPSI, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 129-143, dec. 2023. ISSN 2986-0741. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAK/article/view/38822>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jak.v13i2.38822.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.